Search for collections on Publications

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI DESKTOP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGCINO

TAN ZUHA NU’MAN, 181270000277 (2023) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI DESKTOP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGCINO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181270000277_COVER.pdf]
Preview
Text
181270000277_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181270000277_BAB I.pdf] Text
181270000277_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181270000277_BAB II.pdf] Text
181270000277_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181270000277_BAB III.pdf] Text
181270000277_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181270000277_BAB IV.pdf] Text
181270000277_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181270000277_BAB V.pdf] Text
181270000277_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[thumbnail of 181270000277_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181270000277_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181270000277_LAMPIRAN.pdf] Text
181270000277_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang begitu pesat terutama didunia komputer dan juga penerapannya di berbagai bidang kehidupan terutama di dunia Pendidikan yang masih menerapkan sistem pembelajaran konvensional, dengan adanya hal tersebut perlu diadakannya suatu inovasi yang bisa menguntungkan pihak pendidik dan peserta didik. Inovasi tersebut diberikan untuk membuat pembelajaran yang dilakukan tidak monoton atau menggunakan alat pembelajaran yang tidak monton juga. Pendidik memahami bahwa kurangnya suatu inovasi dalam aktivitas pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Perancangan ini dibuat dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan journalist question method (5W+1H) untuk analisis data. Sedangkan untuk perancangannya menggunakan metode perancangan Design thinking. Dalam menganalisis karya perancangan, penyusun menggunakan teori estetika dari lingga agung untuk mengakji karya perancangan. Hasil akhir dari perancangan ini adalah pembuatan aplikasi mengenal sumber energi yang bisa diakses melalui perangkat desktop atau computer dan melalui handphone android. Selain itu, perancangan pada media pendukung juga dibuat untuk menunjang pembelajaran, yakni puzzle yang dikombinasikan dengan augmented reality, game board mengenal sumber energi, mug, thumbler, kaos, gantungan kunci, sticker, totebag.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Tristan Alfian, S.Sn., M.Sn. Pembimbing II : Drs. H. Suharto, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPA, Sumber energi, Aplikasi, android.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:03
Last Modified: 12 Jul 2023 03:03
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item
View Item