Search for collections on Publications

MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT BIDANG SENI DAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MIFTAHUL HIDAYAT, 202610000760 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT BIDANG SENI DAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 2022610000760 - COVER.pdf]
Preview
Text
1. 2022610000760 - COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2. 2022610000760 - BAB I.pdf] Text
2. 2022610000760 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of 3. 2022610000760 - BAB II.pdf] Text
3. 2022610000760 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[thumbnail of 4. 2022610000760 - BAB III.pdf] Text
4. 2022610000760 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[thumbnail of 5. 2022610000760 - BAB IV.pdf] Text
5. 2022610000760 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[thumbnail of 6. 2022610000760 - BAB V.pdf] Text
6. 2022610000760 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of 7. 2022610000760 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 2022610000760 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 8. 2022610000760 - LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 2022610000760 - LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

Manajemen kesiswaan mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien serta mencapai tujuan pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan dan pelaksanaan manajemen pembinaan kesiswaan bidang seni dan olahraga, dan (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen pembinaan kesiswaan bidang seni dan olahraga di MTs NU Tamrinut Thullab Kudus. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, interview, dokumentasi. Data yang terkumpul tersebut kemudian diperiksa kebenarannya, kecocokannya dan kehandalannya melalui triangulasi kemudian dideskripsikan dan diinterpretasikan untuk ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Manajemen Kesisswaan dalam Mengembangkan bakat seni dan olahraga di MTs NU Tamrinut Thullab mencakup fungsi-fungsi mnajemen: (a) Perencanaan melalui penyusunan program-program kegiatan serta cabang-cabang ekstrakulikuler seni dan olahraga dan mencari bakat-bakat, (b) pelaksanaan kesiswaan dilakukan sesuai dengan kurikulum dan silabus yang digunakan sesuai jadwal. Jadwal kegiatan untuk setiap ekstrakurikuler dilakukan satu minggu sekali agar tidak mengganggu jadwal sekolah, (c) evaluasi mencakup diskusi kekurangan kegiatan dan menampung keluhan siswa dan tindak lanjut dengan penyusunan daftar rancangan program tindak lanjut. Faktor-faktor yang mendukung kesiswaan dalam mengembangkan minat bakat bidang olahraga dan seni di MTs NU Tamrinut Thullab terdiri dari: 1) pelatih ekstra profesional, guru guru berkompeten di bidangnya, sarana prasarana yang mendukung, dan peralatan ekstrakurikuler cukup. Faktor-faktor menghambat kesiswaan bidang olahraga dan seni di MTs NU Tamrinut Thullab adalah internal siswa, lingkungan, keturunan atau kepribadian siswa, lingkungan sekolah di desa, sarana prasarana belum sempurna, dan sumber pendanaan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan Kesiswaan, Seni, Olahraga.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:49
Last Modified: 12 Jul 2023 02:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item
View Item