LUTFIA SILMIYATI, 202610000757 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KE-NU-AN DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAM SARIPAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
202610000757_COVER.pdf
Download (900kB) | Preview
202610000757_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
202610000757_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (395kB)
202610000757_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
202610000757_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
202610000757_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24kB)
202610000757_Daftar Pustaka.pdf
Download (149kB) | Preview
202610000757_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dibatasi pada penguatan karakter religius, karena nilai religius merupakan nilai yang mendasari pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran ke-NU-an dalam penguatan karakter peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana manajemen pembelajaran ke-NU-an dalam menguatkan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022? dan (3) Bagaimana hasil penguatan karakter religius peserta didik melalui pembelajaran ke-NU-an di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Saripan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya hasil pengumpulan data dianalisis dan dibahas melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu manajemen pembelajaran ke-NU-an dalam penguatan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Saripan Jepara dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung yaitu guru yang berkompeten,sarana prasarana yang memadai, kurikulum dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kebijakan pemerintah mengenai jam tatap muka dikarenakan pandemic covid-19 dan kemampuan baca arab peserta didik yang beragam. Hasil penguatan karakter peserta didik tercermin dalam capaian indikator pembelajaran ke-NU-an, pelaksanaan pembiasaan pagi, memakai baju yang muslin yang rapi dan sopan, salim saat masuk ke madrasah, menyapa guru dengan salam saat bertemu, dan membuka dan menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan doa.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pembelajaran, karakter religius, ke-Nu-an. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:41 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5308 |