Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SD NEGERI 03 TUBANAN KEMBANG JEPARA

NUR FATIMAH, 171330000096 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SD NEGERI 03 TUBANAN KEMBANG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000096_ COVER.pdf]
Preview
Text
171330000096_ COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000096_ BAB I.pdf] Text
171330000096_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000096_ BAB II.pdf] Text
171330000096_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171330000096_ BAB III.pdf] Text
171330000096_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000096_ BAB IV.pdf] Text
171330000096_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000096_ BAB V.pdf] Text
171330000096_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[thumbnail of 171330000096_ DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
171330000096_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[thumbnail of 171330000096_ LAMPIRAN.pdf] Text
171330000096_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya. Hal ini dikarenakan Pada pembelajaran dikelas, guru lebih sering mengajar menggunakan metode konvensional yang berbentuk ceramah dan tanya jawab. Sehingga kondisi ini menyebabkan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru pada proses pembelajaran.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre test-post test design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dipilih secara random dan tidak dilakukan tes ketasbilan dan kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 03 Tubanan dengan subyek populasi dengan penelitian berjumlah 20 siswa diantaranya 9 laki-laki, 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Sedangkan variabel independen adalah model pembelajaran picture and picture. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teks pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal pretest dan postteswt dengan jumlah 20 butir soal. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS versi 21. Yang diantaranya uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan angket yang telah diperoleh oleh peneliti terhadap aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture bahwa Aktivitas siswa sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture terdapat nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 74,6%. Hasil perhitungan dibandingkan dengan kriteria keaktifan belajar siswa diantarnya 70 < 80, maka dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa memiliki kriteria yang cukup baik. Sedangkan berdasarkan analisis angket aktivitas belajar siswa, bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap aktivitas belajar siswa. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Paired Simple Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
kreatif dalam mengikuti setiap pembelajaran, sehingga hubungan antara guru dengan siswa dapat membuat tercapainya tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono. M, Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Picture and Picture, IPA, Aktivitas belajar siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:50
Last Modified: 06 Jul 2023 06:50
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item
View Item