NOVALINDA MARDIANA, 171330000200 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN GERAK PADA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 03 JAMBU TIMUR MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000200_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171330000200_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000200_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
171330000200_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171330000200_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171330000200_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
171330000200_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
171330000200_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Fokus penelitian ini ada pada hasil belajar kognitif siswa dengan media pembelajaran berbasis audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada materi organ gerak pada manusia siswa kelas V SDN 03 Jambu Timur Mlonggo Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Quasi eksperimen design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 03 Jambu Timur dengan subjek populasi dengan penelitian berjumlah 50 yang pada masing-masing kelas terdapat 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel independen adalah media pembelajaran audiovisual. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu soal pretest dan posttest dengan jumlah 30 butir. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS versi 26 yang diantaranya uji Validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58,8 sedangkan nilai posttest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 79,2. Kenaikan hasil pretest dan posttest menunjukkan sebesar 20,4. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yang menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil nilai F hitung sebesar 16,138 dengan tingkat sig sebesar 0,000 kurang dari (<) 0,05. Selanjutnya dari uji t yang dilakukan menunjukkan nilai thitung > ttabel, yakni 4,017 > 1,076, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada materi organ gerak pada manusia bagi siswa kelas V SDN 03 Jambu Timur tahun akademik 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Audiovisual, IPA, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:19 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5304 |