NNADYA EKA RAHAYU, 181330000348 (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 BULU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000348 _COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000348 _BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000348 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181330000348 _BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000348 _BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
181330000348 _BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (546kB)
181330000348 _DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000348 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan dapat diperoleh dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat. Keluarga merupakan lembaga social paling kecil dan tempat manusia berinteraksi untuk pertama kali sebagai makhluk social. Dalam lingkungan keluarga, terdapat orang tua yang mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang terhadap anaknya, serta memegang kendali yang besar terhadap perkembangan perilaku anak.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi bahwa adanya permasalahan pada kecerdasan emosional anak dimana kemampuan anak untuk mengelola rasa, emosi, dan empati kepada sesama peserta didik masih kurang. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang mendapatkan perhatian orang tua siswa bekerja sehingga kurangnya waktu antara orang tua dan peserta didik. Fokus penelitian ini pada perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak agar peserta didik dapat mengelola rasa dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak pada peserta didik kelas IV SDN 2 Bulu Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Penelitian dilakukan di kelas IV Bulu Jepara dengan populasi dalam penelitian berjumlah 21 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu perhatian orang tua, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner, skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert.
Hasil perolehan data bahwa nilai pada pearson correlation pada tabel tersebut adalah 0,700 dengan koefisiensi korelasi product moment signifikasi 0,000 dengan nilai sebesar 0,700. Korelasi yang kuat antara hubungan perhatian orang tua dan kecerdasan emosional anak dapat terjadi dikarenakan orang tua memberikan bimbingan, nasihat, motivasi, penghargaan dan pemenuhan terhadap anak. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak ada hubungan signifikan antara perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak pada peserta didik kelas IV SDN 2 Bulu Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Kecerdasan Emosional. |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:54 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5300 |