NINA FEBRIANI, 181330000297 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA SNAKE AND LADDER (Ular Tangga) TERHADAP KETRAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD N 2 MANTINGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000297_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000297_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000297_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
181330000297_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000297_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000297_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (965kB)
181330000297_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000297_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar matematika materi perkalian siswa di kelas III SD N 2 Mantingan Jepara yang masih rendah, dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi perkalian di kelas III, dalam proses pembelajaran guru hanya menjelaskan secara lisan dan menuliskan di papan tulis dan meminta siswa untuk menghafal perkalian. Pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model yang sederhana dan media yang tersedia belum banyak, masih menggunakan buku cetak untuk penunjang pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi seberapa besar pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Snake and Ladder (ular tangga) terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas III SD N 2 Mantingan Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Desain. Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 46,31 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 78,13 dengan kenaikan sebesar 31,82.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test adalah signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Snake and Ladder (ular tangga) terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas III SD N 2 Mantingan Jepara. Serta hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 atau 0,000<0,05 dan diperoleh nilai thitung sebesar 6,683>ttabel 1,681 dan pengaruh dari kedua variabel yaitu X dan Y adalah 80,9%. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media Snake and Ladder (ular tangga) terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas III SD N 2 Mantingan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing :Wulan Sutriyani, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Student Teams Achievement Division, Media Snake and Ladder, Keterampilan Berhitung. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:40 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5298 |