NAILAL MUNA, 171330000081 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD N 3 MANTINGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000081_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000081_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171330000081_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 171330000081_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171330000081_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 171330000081_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (614kB)
171330000081_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000081_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000081_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh siswa memiliki kebiasaan bermain game online yang berlebihan sehingga mereka melupakan tugas dan kewajiban mereka sebagai seorang pelajar antara lain tidak mengerjakan tugas sekolah, belajar saat mendekati ulangan saja, kurangnya konsentrasi belajar, dan tidak memiliki semangat belajar. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD N 3 Mantingan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD N 3 Mantingan dengan subjek atau populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kebiasaan bermain game online sedangkan variabel dependennya adalah motivasi belajar. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistik 20 yang meliputi uji validitas, reliabilitias, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Uji hipotesis memperoleh nilai pearson correlation sebesar -0,715 dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa adanya korelasi hubungan yang kuat antara variabel kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar. Tanda negatif pada nilai pearson correlation menunjukkan hubungan negatif atau tidak searah antara variabel kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar sehingga semakin tinggi kebiasaan bermain game online maka motivasi belajar siswa semakin rendah, dan sebaliknya. Sedangkan berdasarkan uji t menunjukkan bahwa nilai -thitung < -ttabel di mana -4,572 < -2,086, dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien determinasinya sebesar 0,511 atau 51.1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD N 3 Mantingan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Siswa SD, Motivasi Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:25 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5294 |