Search for collections on Publications

STUDI ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KKM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS IV MI SADAMIYAH GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUCIPTO, 171310003827 (2022) STUDI ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KKM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS IV MI SADAMIYAH GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171310003827_COVER.pdf]
Preview
Text
171310003827_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171310003827_BAB I.pdf] Text
171310003827_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171310003827_BAB II.pdf] Text
171310003827_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171310003827_BAB III.pdf] Text
171310003827_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171310003827_BAB IV.pdf] Text
171310003827_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171310003827_BAB V.pdf] Text
171310003827_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[thumbnail of 171310003827_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171310003827_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171310003827_LAMPIRAN.pdf] Text
171310003827_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) langkah guru menentukan standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam pembelajaran Fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara, 2) hasil belajar siswa berdasarkan KKM dalam pembelajaran fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara, 3) faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa berdasarkan KKM dalam pembelajaran fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Langkah guru menentukan standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam pembelajaran Fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara meliputi: kompleksitas materi, intake (kemampuan) siswa, dan daya dukung. Adapun nilai KKM mata pelajaran fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara sebesar 75, 2) Hasil belajar siswa berdasarkan KKM dalam pembelajaran Fiqih kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara dari jumlah 35 siswa, nilai di bawah KKM sebanyak 10 siswa atau 7 siswa atau 20% dari jumlah siswa, sedangkan nilai siswa di atas nilai 75 atau di atas KKM sebanyak 25 siswa atau 80% dari jumlah siswa, 3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa berdasarkan KKM dalam pembelajaran fiqih siswa kelas IV MI Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara meliputi: faktor pendukung dan penghambat. Pertama adalah faktor yang mendukung terdiri dari kemampuan atau kompetensi guru, motivasi mengajar, pengalaman mengajar, kreativitas dalam mengajar. Siswa yang terdiri dari intelegensi, minat, motivasi, perhatian, konsentrasi, kreativitas siswa yang baik dalam belajar, keluarga siswa yang harmonis, metode pembelajaran yang efektif, media pembelajaran, sarana prasarana yang memadai. Kedua adalah faktor yang menghambat terdiri dari kecerdasan, kreativitas, minat dan motivasi yang lemah. Guru yang terdiri dari kurang disiplin dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, lemahnya motivasi mengajar, dan keluarga siswa yang kurang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag.,M.SI.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KKM, Pembelajaran Fiqih.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:24
Last Modified: 04 Jul 2023 04:24
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item
View Item