SRI IFTIANA SEFTIANI, 171310003771 (2022) PEMBELAJARAN FIKIH KELAS 6 BERBASIS ALAM (Studi Deskriptif di MI Alam Alfa Kids Ngablak Cluwak Pati). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003771_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171310003771_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171310003771_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
171310003771_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171310003771_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
171310003771_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (936kB)
171310003771_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (871kB) | Preview
171310003771_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fikih kelas 6 berbasis alam di MI Alam Alfa Kids Ngablak Cluwak Pati. (2) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Fikih kelas 6 berbasis alam di MI Alam Alfa Kids Ngablak Cluwak Pati . Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, bahwa metodologi kualitatif sebagai salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data guna mendapatkan data-data yang diperlukan diantaranya Observasi, Wawancar dan Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembeajaran Fikih di MI Alam Alfa Kids Ngablak Cluwak Pati. Dilakukan 3 tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan yaitu dengan membuat RPP dan menyiapkan perlengkapan serta media yang akan digunakan saat hendak melakukan kegiatan pembelajaran. Tahap pelaksanaan dimulai pada pukul 07.00 WIB, dengan kegiatan. Tahap evaluasi di MI Alam Alfa Kids dilakkan seminggu sekali setiap hari Jum’at dan evaluasi tersebut adalah ulangan mingguan berupa tes tertulis dan pertanyaan ulangan tersebut mencakup pembelajaran selama satu minggu, Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Fikih kelas 6 berbasis alam di MI Alam Alfa Kids Ngablak Cluwak Pati, meliputi: Faktor pendukung: adanya dukungan dari kepala sekolah, sarana prasarana yang memadai, penggunaan inovasi pembelajaran yang kreatif, ketersediaan dan keaneragaman hayati yang mudah dijumpai dan kompetensi guru yang memadai. Faktor penghambat: kondisi kelas kurang kondusif, keterbatasan waktu, tanaman banyak yang dirusak hewan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Berbasis Alam, Pembelajaran Fikih Kelas 6. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5291 |