LUTHFI AFIFUDIN, 151310003337 (2020) PENERAPAN METODE LALARAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN DI PONDOK PESANTREN FADLLU ROBBIRROHIEM PANGGANG PULO JEPARA (STUDI DESKRIPTIF). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003337_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003337_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003337_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003337_BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003337_BAB IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003337_BAB V.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
151310003337_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003337_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk Mengetahui Penerapan Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Fadllu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara. (2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Fadllu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara.
Teknik pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk Mengetahui Penerapan Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Fadllu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara, dan Untuk Mengetahui Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Fadllu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan lalaran dilaksanakan setiap hari yaitu setelah sholat isya pukul 19.30 WIB – 20.00 WIB. Kegiatan ini dimulai dari persiapan, pembacaan bismillah bersama-sama, pembacaan nadzom bersama-sama, yang dibarengi dengan lagu-lagu. Faktor pendukung lalaran dibagi menjadi dua,(1) Faktor internal yaitu, kesadaran diri, perhatian santri, minat, kesiapan. (2) Faktor eksternal yaitu, teman santri, pengurus, peraturan, kitab nadzom yang praktis, suasana yang meriah. Sedangkan faktor penghambat lalaran yaitu, kurangnya kesadaran diri, kurang bisa membagi waktu aktivitas keseharian, kesehatan, dan kelelahan.
Tujuan dari mengulang (melalar) adalah untuk memperlancar bacaan nadzom , sebagai alat bantu santri dalam menghafal dan menguatkan ingatan atau hafalan, supaya hafalan yang sudah ada tetap terjaga dengan baik, kuat dan lancar. Sedangkan manfaat dari lalaran adalah, mempermudah santri dalam menghafal nadzom, menambah motivasi santri dalam menghafal, menambah semangat dan Membiasakan lisan melafalkan suatu kalimat secara berulang-ulang sehingga pelafalanya menjadi hafal kalimat tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fathur Rohman, M. Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Lalaran, Meningkatkan Hafalan. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 02:55 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 02:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/528 |