FAJAR NUR SAPUTRA, 171240000636 (2023) PENERAPAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID DI MA RAUDHATUL MUJAWWIDIN JAMBI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 171240000636_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 171240000636_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
3. 171240000636_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
4. 171240000636_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
5. 171240000636_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
6. 171240000636_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
7. 171240000636_Daftar Pustaka.pdf
Download (135kB) | Preview
8. 171240000636_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Salah satu ilmu yang sangat penting dan wajib yang harus dimiliki oleh seorang anak sejak dini dan umat muslim sebagai dasar yang harus diketahui sebelum mempelajari ilmu-ilmu lainnya adalah membaca Al-Quran dengan baik dan benar, ini merupakan hal yang sangat penting karena hukum mempelajari Al-Quran ialah fardu’ain yang berarti mendapat prioritas utama sebelum mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Di MA Raudhatul Mujawwidin sendiri ilmu baca Al- Qur’an atau tajwid sangat di tekankan kepada peserta didiknya. Peneliti menjelaskan sebagian besar umat muslim mengalami kesulitan dalam menghafal berbagai macam ilmu tajwid dan menerapkannya saat dihadapakan dengan bacaan AL-Qur’an serta kurangnya teknologi informasi dalam metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran ilmu tajwid bagi peserta didik MA Raudhatul Mujawwidin Jambi. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti mengusulkan media teknologi yang memanfaatkan game edukasi sebagai sarana belajar dan untuk meningkatkan belajar peserta didik yang ditujukan peserta didik kelas X dengan menggunakan aplikasi Construct 2 yang menggunakan metode Guidelines for Rapid Application Engineering (GRAPPLE) yang mana bertujuan untuk menghasilkan sistem berorientasi objek dalam waktu yang singkat tanpa mengurangi kualitas sistem yang dibangun. dengan menerapkan Algoritma Finite State Machine (FSM) yang mana berfungsi untuk pengambilan keputusan pada karakter yang digerakkan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung Game tajwid, sehingga tidak mudah bosan dalam proses belajar dan bermain menjadi menyenangkan. Dari hasil perhitungan uji kelayakan didapat dari ahli media dengan hasil 92,6%, ahli materi sebesar 95,2% dan responden 96,6% yang berarti aplikasi ini sangat layak digunakan. Hasil penelitian ini yaitu Game Pembelajaran Tajwid yang menampilkan materi ilmu pembelajaran tajwid beserta cara pelafalannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : R.H.Kusumodestoni, S.Kom, M.Kom. Pembimbing II : Harminto Mulyo, S.Kom, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; Ilmu Tajwid; Android; Pembelajaran; FSM; GRAPPLE. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 04:01 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 04:01 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5279 |