Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PPKN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FAOZAH NOER, 202610000758 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PPKN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000758_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000758_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000758_BAB I.pdf] Text
2. 202610000758_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[thumbnail of 3. 202610000758_BAB II.pdf] Text
3. 202610000758_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[thumbnail of 4. 202610000758_BAB III.pdf] Text
4. 202610000758_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[thumbnail of 5. 202610000758_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000758_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[thumbnail of 6. 202610000758_BAB V.pdf] Text
6. 202610000758_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of 7. 202610000758_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000758_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000758_LAMP[IRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000758_LAMP[IRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wahana yang paling strategis untuk melakukan proses pembangunan karakter adalah pendidikan di sekolah, melalui proses pembelajarannya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen Pembelajaran PPKn, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen Pembelajaran PPKn di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus, dan (3) Hasil penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancaa, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Manajemen Pembelajaran PPKn di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan silabus. Pada proses perencanaan disusun program tahunan yang sesuai dengan pengembangan pendidikan karakter berdasarkan visi misi madrasah. Pelaksanaan mengacu pada tujuan Pembelajaran PPKn. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah aktif dengan ditunjang media elektronik dan sarana mengajar lain. Proses evaluasi pembelajaran dilakukan terhadap aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (perbuatan) dengan dua model yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Pada evaluasi kurikulum dilakukan dengan suversi KBM guru, melaksanakan mid semester dan semesteran sebagai petunjuk pembuatan keputusan pendidikan dengan memperhatikan program yang tepat; (2) Faktor yang mendukung pembelajaran guru PPKN di MA NU Tamrinut Thullab Undaan berupa: siswa, sarana dan Prasarana, strategi Pembelajaran. Faktor penghambat pembelajaran yaitu minat siswa, sumber daya manusia (inteligensi siswa), lingkungan siswa baik dari keluarga maupun masyarakat; (3) Hasil penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus telah dilaksanakan dengan baik, dengan meningkatnya nilai-nilai karakter siswa antara lai: nilai-nilai religius, kejujuran, toleransi, kedisiplinan, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dan peduli lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguatan, nilai-nilai, karakter, PPKn.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:53
Last Modified: 13 Apr 2023 03:53
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item
View Item