ERVINA DAMAYANTI, 202610000741 (2022) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENGUATKAN KARAKTER TANGGUG JAWAB PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 2026100007_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000741_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
3. 202610000741_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (972kB)
4. 202610000741_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
5. 202610000741_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
6. 202610000741_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
6. 202610000741_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
7. 202610000741_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (299kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1.) Bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaaan dalam menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022 ? 2.) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara? 3.) Sejauh mana hasil penguatan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui: 1) pengamatan (observasi), 2) wawancara (interview) dengan Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Pramuka dan beberapa peserta didik SMK Negeri 1 Jepara.
Hasil penelitian ini adalah : 1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik pada SMK Negeri 1 Jepara melalui perencanaan program kerja, pengorganisasian yang melibatkan peserta didik dalam struktur organisasi ambalan, pelaksanaan kegiatan yang terjadwal dengan baik, evaluasi yang dilakukan setiap selesai kegiatan dan rencana tindak lanjut yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 2) Faktor pendukung dalam menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik berasal dari orang tua peserta didik, sekolah dan pemerintah. Sedang faktor penghambatnya berasal dari waktu keberangkatan PKL yang bersamaan dengan masa jabatan peserta didik di struktur organisasi ambalan. 3) Hasil penguatan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik tampak pada indikator tanggung jawab yang mereka perlihatkan yaitu melaksanakan tugas piket secara teratur, peran serta aktif dalam kegiatan serta melaksanakan tugas individu dengan baik.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M. Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler kepramukaan, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:05 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5271 |