Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH DI MADRASAH TSANAWIYAH TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2021/2022

DWI ANISAH HAYATI, 202610000753 (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH DI MADRASAH TSANAWIYAH TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000753_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000753_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000753_BAB I.pdf] Text
2. 202610000753_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of 3. 202610000753_BAB II.pdf] Text
3. 202610000753_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 4. 202610000753_BAB III.pdf] Text
4. 202610000753_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of 5. 202610000753_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000753_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[thumbnail of 6. 202610000753_BAB V.pdf] Text
6. 202610000753_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of 7. 202610000753_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000753_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000753_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000753_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) implementasi standar proses pembelajaran Aqidah Akhlak, 2) faktor yang mendukung dan menghambat implementasi standar proses pembelajaran Aqidah Akhlak dan 3) peningkatan hasil belajar bidang studi Aqidah Akhlak melalui implementasi standar proses di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus pada Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, guru-guru produktif kelas 7 sampai 9, dan siswa kelas 7 sampai 9. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif model Mile dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen kurikulum di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus berlangsung secara efektif dan efsisien. Seluruh kegiatan dilaksanakan sesuai perencanaan, pelaksanaan, maupun evalusi. Pembagian tugas guru lebig terorganisir sesuai tugas pokok dan fungsi nya masing-masing. Pelaksanaaan kegiatan intra sekolah tidak bentrok dengan kegiatan belajar mengajar karena ada perencanaan sebelumnya. Evaluasi kegiatan yang dilaksanaakan secara keseluruhan dengan mengevalusi program dan kegiatan sekolah satu tahun ke belakang. Pengontrolan rutin dilakukan oleh kepala madrasah. Penilaian atau evaluasi terdapat dua unsur, yaitu unsur utama dan unsur penunjang, penilaian keterampilan meliputi penilaian kinerja, proyek dan portofolio; (2) Peningkatan hasil belajar bidang studi Aqidah Akhlak melalui implementasi standar proses kurikulum dapat dilihat dari evaluasi akhir pembelajaran Aqidah Akhlak. Hasil implementasi manajemen kurikulum di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus yakni keberlangsungan kegiatan dan program sekolah yang efektif sesuai dengan perencanaan. Keimanan peserta didik meningkat dan diwujudkan dalam akhlak yang terpuji pada kegiatan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Madrasah menjadi lebih berkembang karena setiap tahunnya selalu mengadakan update program dan kegiatan sekolah; (3) faktor pendukung implementasi manajemen kurikulum 2013 adalah pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara optimal sesuai dengan indikator sekolah, keadaan sekoah lebih kondusif dengan pengontrolan oleh kepala madrasah, Langkah sudah tepat dan sesuai dengan pendapat teori Syafrudin.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H. Barowi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Standar proses, hasil belajar, aqidah, kurikulum 2013.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:09
Last Modified: 12 Apr 2023 06:09
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item
View Item