Search for collections on Publications

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 2 KERSO

MUHAMMAD THOIFUR, 171330000174 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 2 KERSO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000174_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000174_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000174_BAB I.pdf] Text
171330000174_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000174_BAB II.pdf] Text
171330000174_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000174_BAB III.pdf] Text
171330000174_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000174_BAB IV.pdf] Text
171330000174_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000174_BAB V.pdf] Text
171330000174_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[thumbnail of 171330000174_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000174_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000174_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000174_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Kerso setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), (2) keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN 2 Kerso. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kerso Jepara. Pada desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kerso Jepara. Analisis nilai Posttest menggunakan Uji Paired Sample T-test menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas pretest 53,3 dan rata-rata nilai kelas posttest 80. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Maka dari itu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Kerso Jepara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla C.A, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:58
Last Modified: 12 Apr 2023 02:58
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item
View Item