Search for collections on Publications

PENGARUH MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 NGELING JEPARA

MIA OKTAVIA, 181330000309 (2022) PENGARUH MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 NGELING JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000309_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000309_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000309_BAB I.pdf] Text
181330000309_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000309_BAB II.pdf] Text
181330000309_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 181330000309_BAB III.pdf] Text
181330000309_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000309_BAB IV.pdf] Text
181330000309_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000309_BAB V.pdf] Text
181330000309_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[thumbnail of 181330000309_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000309_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000309_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000309_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar Matematika materi penjumlahan pada siswa di kelas I SD Negeri 1 Ngeling Jepara yang masih rendah, dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa yang berjumlah 35, terdapat 15 atau 44% siswa yang sudah mencapai nilai KKM dan 19 atau 56% siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh media blok dienes pada materi penjumlahan mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN Ngeling Jepara (2) perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media block dienes.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Ngeling yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan menggunakan semua populasi yaitu 31 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Tes berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan 3 opsi jawaban yang digunakan untuk untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 57,09 sedangkan saat posttest hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 74. Kenaikan hasil pretest dengan posttest sebesar 16.9. Data dianalisis menggunakan uji paired samle t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil uji-T menggunakan PairedSamplesTest adalah signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai thitung sebesar -18,314 < ttabel 2,045. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Penggunaan media block dienes berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas I SD Negeri 1 Ngeling Jepara, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dengan kata lain besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,832. Dari output tersebut diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,693 yang artinya bahwa pengaruh media block dienes terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 69,3% dan 30,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Block Dienes, Penjumlahan, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:57
Last Modified: 12 Apr 2023 02:57
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5264

Actions (login required)

View Item
View Item