MAFAZA NAILAL BAROROH, 181330000363 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PECANGAAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000363_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000363_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000363_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000363_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000363_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181330000363_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (785kB)
181330000363_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000363_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika sehingga menyebabkan capaian belajar kurang maksimal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik yang berjumlah 36, terdapat 17 peserta didik yang nilainya mencapai KKM dan 19 peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep matematika materi operasi hitung pecahan campuran pada siswa kelas V SDN 2 Pecangaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen menggunakan desain Pre-Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Pecangaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data meliputi uji instrument, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemahaman konsep matematika peserta didik pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58.47 sedangkan pada saat posttest nilai rata-rata yang diperoleh 71.25 sehingga terdapat peningkatan sebesar 12.78. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai thitung sebesar -14.546 < ttabel sebesar 2.032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika materi operasi hitung pecahan campuran pada peserta didik kelas V SDN 2 Pecangaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing, Pemahaman Konsep Matematika, Operasi Hitung Pecahan Campuran. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:56 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5263 |