Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA SMART PAPAN DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS V SDN 3 KRAPYAK

LEYLIA NOVIYANTI, 181330000367 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA SMART PAPAN DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS V SDN 3 KRAPYAK. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000367_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000367_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 181330000367_BAB I.pdf] Text
181330000367_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000367_BAB II.pdf] Text
181330000367_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 181330000367_BAB III.pdf] Text
181330000367_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000367_BAB IV.pdf] Text
181330000367_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000367_BAB V.pdf] Text
181330000367_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[thumbnail of 181330000367_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000367_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000367_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000367_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar jika tanpa menggunakan model dan media pembelajaran yang konkret, dapat menyebabkan siswa pasif dan sulit memahami materi. Hal ini membuat hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 3 Krapyak rendah, dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian siswa yaitu sebesar 41,31. Oleh karena itu guru dalam mengajar perlu menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif.
Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media smart papan diagram (padi) merupakan cara yang dipakai peneliti untuk menyelesaikan masalah yang ada di kelas V. Model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk saling bekerja sama. Media smart papan diagram (padi) merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran statistika tentang tabel, diagram batang, dan diagram garis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata dan seberapa besar pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media smart padi terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas V SDN 3 Krapyak.
Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Krapyak pada materi statistika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Krapyak yang terdiri dari 160 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian pre eksperimental design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non probability sampling bentuk sampling insidental, dengan kelas V SDN 3 Krapyak sebagai kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Media Smart Papan Diagram, Matematika, Statistika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:37
Last Modified: 12 Apr 2023 02:37
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item
View Item