NURUL HUSNA, 171310003854 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs.MASALIKIL HUDA TAHUNAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003854_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171310003854_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171310003854_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171310003854_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171310003854_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171310003854_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171310003854_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
171310003854_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Untuk mendiskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android.2)Untuk mendiskripsikan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam aplikasi kodular pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Masalikil Huda Tahunan.3) Untuk mendiskripsikan uji kelayakan pengembangan produk media pembelajaran interaktif berbasis android dalam aplikasi kodular pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Masalikil Huda Tahunan.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau disebut Research And Development (R&D). Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Masalikil Huda Tahunan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan tes. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh beberapa ahli diantaranya ahli media, ahli materi, ahli guru atau pembelajaran.
Hasil penelitian pengembangan ini melahirkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis android dengan aplikasi kodular pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk siswa kelas VIII. Produk yang dikembangkan telah terbukti sangat layak dan efektif untuk digunakan dan bisa dilihat dari hasil validasi dan uji coba yang dilakukan. Validasi dari ahli media dengan persentase 85,4%; validasi dari ahli materi dengan presentase 76.8% ; dan validasi dari ahli pembelajaran/guru dengan presentase 91,6%. Sedangkan uji coba lapangan mendapatkan kemenarikan presentase 95% dan untuk efektifitas dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa diihat dari hasilpretest dan posttest yang teah dihitung menggunakan rumus paired simple t test dan memperoeh nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat signifikansi antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan aplikasi kodular pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Masalikil Huda Tahunan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, S.Pd. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Android, Aplikasi Kodular, SKI. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 03:46 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 03:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5249 |