AHMAD FAIZ KHOIRONI, 171330000126 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 12 JAMBU. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000126_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171330000126_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000126_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
171330000126_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000126_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171330000126_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
171330000126_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
171330000126_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan media pembelajaran yang konvensional. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual berbasis kinemaster pada peserta didik kelas V SDN 12 Jambu dan untuk mengetahui efektivitas media audio visual berbasis kinemaster terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN 12 Jambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen pre-Eksperimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 12 Jambu. Sampel penelitian ini berjumlah 21 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguankan soal tes pilihan ganda yaitu pretest dan posttest yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest peserta didik sebesar 51,2, sedangkan nilai rata-rata peserta didik saat posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan media audio visual berbasis kinemaster yaitu 87,6. Selain itu dari hasil analisis data uji hipotesis paired sample t test dengan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji t maka Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media audio visual berbasis kinemaster. Hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan diantaranya; pertama, hasil belajar IPA pada perserta didik kelas V SDN 12 Jambu mengalami peningkatan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media audio visual berbasis kinemaster. Kedua, penggunaan media audio visual berbasis kinemaster terbukti efektif terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN 12 Jambu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Kinemaster, Hasil Belajar, IPA. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 03:33 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 03:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5244 |