CHOIRONI ROFIQUL UMAM, 202610000776 (2022) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER BUDAYA SHALAWAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000776_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000776_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
3. 202610000776_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (717kB)
4. 202610000776_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (451kB)
5. 202610000776_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (793kB)
6. 202610000776_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (364kB)
7. 202610000776_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (306kB) | Preview
8. 202610000776_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu proses pembelajaran yang membedakan peserta didik dan orang dewasa di dalam komunitas sekolah untuk memahami, peduli dan berbuat dengan landasan nilai-nilai etik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di sekolah. Penelitian menggunakan desain penelitia kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik dan alat pengumpul data utama menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap informan yang ditetapkan secara purposive. Data dianalisis secara deskriptif interpretatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler budaya sholawat Perencanaan ekstrakurikuler budaya shalawat di SMA NU Al-Ma’aruf: (1) perencanaan melalui peran guru-guru sebagai top figure dengan motto “Maju dalam Prestasi, Santun dalam Pekerti”. Guru mata pelajaran wajib melaksanakan pembentukan karakter., (2) pelaksanaan ekstrakurikuler budaya sholawat adalah dua kali dalam sepekan. Kegiatan ini memberi inspirasi positif pada para siswa dalam perilaku agamis dan sikap yang baik. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain religius, bertanggung jawab, jujur, berani, dari sebagai cerminan kehidupan sehari-hari. Model dan strategi yang digunakan melalui ekstrakurikuler sholawat yaitu pembiasaan setiap akan memulai pelajaran. Evaluasi dilakukan melalui penampilan rebana sholawat di sekolah maupun masyarakat. Tindak lanjut melalui gema sholawat diwajibkan kepada semua siswa. Faktor-faktor pendukung yaitu permintaan masyarakat, baik tempat punya kerja, masjid, atau mushola, atau di sekolah-sekolah yang lain. Kendalanya terkait dengan latihan siswa, sarana dan prasarana penunjang serta lagu-lagu dangdut yang viral di Youtube.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, budaya, sholawat, karakter, peserta didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 03:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5243 |