BUDI UTOMO, 202610000798 (2022) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHFIDZUL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SD IT AL-HIKMAH MAYONG. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000798 - SAMPUL.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000798 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (319kB)
3. 202610000798 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (701kB)
4. 202610000798 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
5. 202610000798 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (660kB)
6. 202610000798 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
7. 202610000798 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB) | Preview
8. 202610000798 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran di SD IT Al-Hikmah Mayong. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran di SD IT Al-Hikmah Mayong. 3) Menjelaskan sejauh mana peningkatan kompetensi Tahfidzul Quran peserta didik melalui manajemen kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran di SD IT Al-Hikmah Mayong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Al-Hikmah Mayong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kegiatan ektrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca dan hafal Al-Qur’an peserta didik di SD IT Al-Hikmah Mayong terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Perencanaan dilaksanakan pada rapat awal tahun ajaran baru untuk menentukan jenis kegiatan, tujuan kegiatan, dan langkah-langkah kegiatan. Pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran adalah dilaksanakan setiap hari dengan pembagian hari sabtu khusus untuk menambah hafalan dan pada setiap pagi khusus untuk murojaah dan memiliki durasi waktu 30 menit. 2) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran adalah sarana dan prasarana yang memadai, dukungan penuh dari orang tua, dan dukungan penuh dari sekolah. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler Baca dan Hafal Al-Qur’an adalah waktu dan motivasi peserta didik yang naik turun. 3) Hasil peningkatan kompetensi membaca dan menghafal Al-Qur’an melalui manajemen kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Quran menunjukkan bahwa: a) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik menjadi lebih baik. Mereka juga dapat membaca dengan ilmu tajwid yang tepat. b) Kemampuan menghafal peserta didik dalam sebagian besar juga semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. H. Moh Nasuka,M.Pd. Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Tahfidzul Al-Qur’an, Manajemen Ekstrakurikuler, Hasil Belajar. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 03:29 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 03:29 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5242 |