ALY MAS’AD, 202610000789 (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH ALIYAH SILAHUL ULUM ASEMPAPAN PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000789 - COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
2. 202610000789 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (442kB)
3. 202610000789 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (682kB)
4. 202610000789 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (345kB)
5. 202610000789 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
6. 202610000789 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
7. 202610000789 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (254kB) | Preview
8. 202610000789 - LAMPIRAN -LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi profsional guru di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) Mendeskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022; 3) Mendeskripsikan sejauhmana hasil peningkatan kompetensi professional guru melalui supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan Supervisi kepala Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Pati dilaksanakan secara periodik setiap awal semester tahun pelajaran secara berkelompok. 2) Faktor pendukung Pelaksanaan Supervisi kepala Madrasah diantaranya yaitu : a) Motivasi pengurus Yayasan Silahul Ulum melalui majlis silaturrohim keluarga Besar Yayasan Silahul Ulum secara rutin dilaksanakan di awal dan akhir tahun pembelajaran serta majlis halal bihalal; b) Guru MA Silahul Ulum pengampu mapel kurikulum pemerintah rata-rata masih berumur muda dan enerjik dan memiliki jenjang pendidikan S1 dan S2; c) Terdapat dua guru dari Kementerian Agama Kabupaten Pati. 3) Hasil evaluasi supervisi sangat memotivasi guru Madrasah Aliyah Silahul Ulum Pati didalam mengembangkan menejemen pembelajarannya dan sekaligus menjadi bahan perencanaan peningkatan mutu dan peningkatkan kompetensi profesional guru yang direkomendasikan melalui rencana kerja tahunan MA Silahhul Ulum.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 03:19 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 03:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5240 |