NUR SAMSIYAH AINI, 171310003839 (2022) PENGEMBANGAN MODUL AKIDAH AKHLAK BERBASIS KOMIK KELAS IV SEMESTER II DI MI MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003839_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171310003839_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171310003839_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
171310003839_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171310003839_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171310003839_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (770kB)
171310003839_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (613kB) | Preview
171310003839_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan pengembangkan modul akidah akhlak berbasis komik kelas IV semester II di MI Masalikil Huda Tahunan. (2)Untuk mendeskripsikan uji kelayakan pengembangan prodak modul akidah akhlak berbasis komik semester 2 kelas IV di MI Masalikil Huda Tahunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Reseach and developmen) dengan mengadopsi model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation dan evaluasi. Teknik analisis yang digunakan di penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif, untuk analisis kualitatif mencakup soal kevalidan soal dari para ahli kemudian untuk kuantitatif mencakup uji normalitas, uji homogen, dan uji one sample t test.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini berupa produk yang dikembangkan telah terbukti valid, layak untuk diujucobakan dan efektif untuk digunakan dapat dilihat dari hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan. Validasi dari ahli materi diperoleh 63,3% kategori layak, validasi ahli media yaitu 65% kategori layak sedangkan dari user (guru) yaitu 81,6% kategori sangat layak dan untuk keefktifan siswa dalam mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil uji one sample t test yang telah dihitung menggunakan spss dan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifakansi antara hasil belajar siswa yang menggunakan modul akidah akhlak berbasis komik kelas IV semester II dengan rata-rata hasil belajar prestasi tahun lalu tanpa menggunakan modul akidah akhlak berbasis komik kelas IV semester II di Masalikil Huda Tahunan Jepara.
Produk pengembangan pada penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran akidah akhlak sebagai acuan atau pegangan guru dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik bagi siswa agar lebih giat belajar dan dapat menjadi rujukan pengembangan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Saidah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Akidah Akhlak, komik. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:32 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:32 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5232 |