NUR CHOLIS, 171310003902 (2022) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP AKHLAK SISWA KEPADA GURU DI MI ISLAMIYAH PAYAK KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003902_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171310003902_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171310003902_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
171310003902_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171310003902_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
171310003902_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171310003902_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (493kB) | Preview
171310003902_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1). Menjelaskan keharmonisan keluarga siswa di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022 (2). Menjelaskan akhlak siswa kepada guru di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) Mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap akhlak siswa kepada guru di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Judul penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel yaitu keharmonisan keluarga sebagai variabel bebas/independent variabel/variabel X, dan akhlak siswa kepada guru sebagai variabel terikat/dependent variabel/ variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi dengan teknik korelasional. Angket untuk mengumpulkan data keharmonisan keluarga dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data akhlak siswa kepada guru. Populasinya adalah siswa MI Islamiyah Payak tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 107 orang, karena jumlah populasi banyak maka diambil sampel secara classter pada siswa kelas IV dan V yang berjumlah 32 orang dengan teknik classter sampling.
Analisis statistik menggunakan rumus regresi. Hasilnya menunjukkan: (1) Keharmonisan keluarga siswa di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/20226 kategorinya adalah cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil angket yaitu sebesar 54,22 berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 52 – 64. (2) Akhlak siswa kepada guru di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022 kategorinya adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata hasil observasi kepada responden yaitu 52,41 berarti berada pada kategori baik karena berada pada nilai interval yang berjarak 52 – 64. (3) Ada pengaruh yang signifikan keharmonisan keluarga terhadap akhlak siswa kepada guru di MI Islamiyah Payak Kecamatan Cluwak Kapubaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil analisis statistik dengan rumus regresi satu prediktor menunjukkan taraf signifikansi 5% maupun 1%. Di mana besarnya Freg yaitu 17,72 kemudian dibandingkan dengan Ftabel dengan df = 1 : 30, pada taraf signifikansi 1% = 7,56 dan taraf signifikansi 5% = 4,17. Jadi Freg > F tabel. Selain itu ditemukan Rdeterminasi sebesar 37% yang artinya keharmonisan keluarga berkorelasi positif sebesar 37% dengan terhadap akhlak siswa kepada guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Keharmonisan Keluarga dan Akhlak Siswa kepada Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:28 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5229 |