NOVITA ARDIYANTI, 171310003868 (2022) METODE MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI PERSPEKTIF RASULULLAH (Kajian Buku Cara Nabi Mendidik Anak Laki-Laki Karya Abu Abdurrahman Al-Faruq). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003868_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171310003868_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171310003868_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
171310003868_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171310003868_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
171310003868_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171310003868_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
171310003868_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
1. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui metode mendidik anak laki-laki perspektif Rasulullah dalam buku cara Nabi mendidik anak laki-laki karya Abu Abdurrahman Al-Faruq. 2. Untuk mengetahui analisis metode mendidik anak laki-laki perspektif Rasulullah dalam buku cara Nabi mendidik anak laki-laki karya Abu Abdurrahman Al-Faruq. 3. Untuk mengetahui implementasi metode mendidik anak laki-laki perspektif Rasulullah dalam buku cara Nabi mendidik anak laki-laki karya Abu Abdurrahman Al-Faruq di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dilihat dari cara dan taraf pembahasanya penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan mencari informasi dari buku maupun jurnal-jurnal terkait metode Rasulullah dalam mendidik anak laki-laki. Kemudian data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan content analysis atau disini dinamakan kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai metode-metode mendidik anak laki-laki dalam buku cara Nabi Saw mendidik anak laki-laki karya Abu Abdurrahman Al-Faruq yaitu menampilkan metode keteladanan pada anak, mengajak anak berdialog, menghukum anak sesuai dengan hukum Allah Swt, menghargai serta menunaikan hak-hak anak, mengenalkan mahram,aurat dan pakaian untuk nak laki-laki, mengarahkan jenis permainan anak laki-laki, memengaruhi jiwa anak laki-laki dengan kisah Rasulullah Saw dan kisah para pahlawan, dan pendidikan keperwiraan untuk anak laki-laki Hal tersebut merupakan dasar dari 15 metode-metode yang lain. Implementasi metode dalam lingkungan sekolah meliputi menjadi teladan dengan menanamkan sikap jujur pada peserta didik. Berkomunikasi/berdialog dengan peserta didik menggunakan cara yang dianjurkan Rasulullah Saw. Memberikan hukuman sesuai hukum Allah yaitu hukuman yang bersifat mendidik, membuat efek jera pada anak. Memberikan kasih sayang pada peserta didik. Memperhatikan waktu pemberian nasihat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, LC., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Metode, Rasulullah Saw, mendidik, anak laki-laki. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:27 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5228 |