KHOIRUL ANISAH, 181330000261 (2022) PENGARUH MEDIA SMART MATH BOARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA MATERI BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 NGELING. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000261_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000261_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 181330000261_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 181330000261_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 181330000261_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 181330000261_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
181330000261_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000261_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000261_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan berhitung matematika materi bilangan siswa di kelas I SDN 1 Ngeling yang masih rendah, sebagian siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit, guru melakukan pembelajaran secara konvensional tanpa menggunakan media dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan ramai sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika materi bilangan dengan menggunakan media smart math board (papan bilangan) terhadap kemampuan berhitung pada siswa kelas I SDN Ngeling, mengetahui kemampuan berhitung matematika materi bilangan pada siswa kelas I SDN 1 Ngeling sebelum dan sesudah menggunakan media smart math board, dan mengetahui seberapa besar pengaruh media smart math board (papan bilangan) terhadap kemampuan berhitung matematika materi bilangan pada siswa kelas I SDN Ngeling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Proses pembelajaran menggunakan media ini terhadap kemampuan berhitung matematika materi bilangan menjadi menyenangkan, antusias, semangat dan berhitung menjadi lebih mudah, hasil tes kemampuan berhitung pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 56 untuk angket, 58,4 untuk tes dan pada saat posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 76 uuntuk angket, 78 untuk tes serta mengalami kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 20 uuntuk angket, 19,6 untuk tes. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji paired sampel test dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai thitung sebesar -18,657 < ttabel sebesar 2,034 untuk angket sedangkan -40,022 < ttabel sebesar 2,034 untuk tes. Uji Regresi Linier Sederhana dengan nilai koefisien determinasi terdapat pengaruh variabel bebas (smart math board) terhadap variabel terikat (kemampuan berhitung) adalah sebesar 50,4% dan 49,6% dipengaruhi oleh faktor yang lain untuk angket sedangkan sebesar 90,5% dan 9,5% oleh faktor yang lain untuk tes. Sehingga terdapat pembelajaran matematika yang signifikan dalam proses pembelajaran matematika sebelum dan sesudah serta pengaruh media smart math board terhadap kemampuan berhitung matematika materi bilangan pada siswa kelas I SDN 1 Ngeling.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran, Media Smart Math Board. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:16 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5223 |