IZZAH MILLATI, 181330000331 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 3 MENGANTI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000331_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000331_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 181330000331_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 181330000331_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 181330000331_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 181330000331_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (958kB)
181330000331_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000331_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000331_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendiskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum di terapkan model pair check. (2) Untuk mendiskripsikan hasil belajar peserta didik sesudah di terapkan model pair check. (3) Untuk mendiskripsikan keefektivan model pembelajaran pair check untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng di kelas II SD Negeri 3 Menganti.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain pada penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Rancangan penelitian eksperimen dengan cara memberi tes awal sebelum memberikan treatment dan memberikan tes akhir setelah adanya treatment kepada sekelompok sampel. Sampel yang diambil adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 22 peserta didik kelas II SD Negeri 3 Menganti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran Pair Check pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng dengan KKM 70 mempunyai jumlah nilai 1051 dengan nilai rata-rata sebesar 47.77 hasil data pretest ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran pair check mengalami peningkatan sebesar 43% dengan jumlah nilai 2005 dengan rata-rata 91.14. (3) Penerapan model pembelajaran Pair Check ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t Paired Sample T Test. Diketahui bahwa nilai t hitung 23,352 > t tabel 2.080. dengan taraf signifikan sebesar 0,000, artinya sig < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat kefektifan yang signifikan dalam penggunaan model Pair Check dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng pada peserta didik kelas II SD Negeri 3 Menganti. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dan memberikan perbaikan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD Negeri 3 Menganti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Pair Check, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Dongeng. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:28 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5221 |