INDAH BUDIARTI, 181330000236 (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SOWAN KIDUL. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000236_COVER.pdf
Download (4MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000236_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000236_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 181330000236_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000236_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 181330000236_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000236_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 181330000236_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000236_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 181330000236_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000236_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (576kB)
181330000236_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000236_LAMPIRAN.pdf
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Alokasi waktu yang kurang sehingga guru kesulitan mentransfer pengetahuan kepada peserta didik dan peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi IPA. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan bantuan model pembelajaran course review horay. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Sowan Kidul tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre experimental design yang jenisnya one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Sowan Kidul dengan subjek dalam penelitian berjumlah 18 peserta didik yang terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel idependen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel independennya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest yang berjumlah 30 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar peserta didik pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 57,83 sedangkan saat posttest (menggunakan model pembelajaran course review horay) hasil nilai rerata yang diperoleh peserta didik 73,22. Kenaikan hasil pretest dengan posttest sebesar 15,39. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesisyaitu uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model kooperatif tipe course review horay, IPA, hasil belajar peserta didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:21 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5219 |