EFEKTIFITAS MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA (PUSARAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS III SDN 3 TEMULUS MEJOBO KUDUS

HUMAMUL FIRDAUS, 181330000364 (2022) EFEKTIFITAS MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA (PUSARAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS III SDN 3 TEMULUS MEJOBO KUDUS. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 181330000364_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. 181330000364_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
3. 181330000364_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
4. 181330000364_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
5. 181330000364_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
6. 181330000364_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
7. 181330000364_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
8. 181330000364_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desain Pembelajaran aksara Jawa yang dilakukan dengan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif menyebabkan rendahnya keterampilan membaca Aksara Jawa, dapat dilihat dari hasil ulangan harian materi aksara Jawa yang menunjukan sebesar 83,33% mendapatkan nilai dibawah KKM. Oleh karena itu guru perlu menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam mengajar. Media PUSARAWA (puzzle aksara Jawa) merupakan cara yang digunakan peneliti untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa kelas III SDN 3 Temulus. Media PUSARWA (puzzle aksara Jawa) adalah media yang digunakan dalam pembalajaran aksara Jawa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan membaca aksara Jawa sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle aksara Jawa (PUSARAWA). Serta mengetahui efektifitas media puzzle aksara Jawa (PUSARAWA) terhadap keterampilan membaca aksara Jawa pada peserta didik kelas III di SDN 3 Temulus. Serta
Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Temulus pada materi aksara Jawa. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 3 Temulus yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, desain penelitian pre-eksperimental design bentuk one-group pretest-posttest.
Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample Test diperoleh 0,01 berarti < 0,05 maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca aksara Jawa antara pretest dengan posttest artinya memiliki pengaruh dan dapat dikatakan juga bahwa media PUSARAWA efektif diterapkan untuk meningkatkan keterampilan membaca pada peserta didik kelas III SDN 3 Temulus Mejobo Kabupaten Kudus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca; Aksara Jawa; Media PUSARAWA: Puzzle Aksara Jawa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:11
Last Modified: 06 Apr 2023 04:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item