ABDUL HAKAM, 20261000795 (2022) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER TRAINING DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 20261000795_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
2. 20261000795_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (474kB)
3. 20261000795_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (947kB)
4. 20261000795_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (488kB)
5. 20261000795_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (966kB)
6. 20261000795_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (347kB)
7. 20261000795_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (306kB) | Preview
8. 20261000795_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (991kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen ekstrakurikuler training dakwah dalam pengembangan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, mendiskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, Mendiskripsikan hasil pengembangan religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Rumusan penelitian ini meliputi tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjut manajemen ekstrakurikuler training dakwah dalam pengembangan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat manajemen ekstrakurikuler training dakwah dalam pengembangan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matoli’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Sejauh mana hasil pengembangan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penilitian adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu Pertama, Penerapan manajemen ekstrakurikuler training dakwah dalam pengembangan karakter religius peserta didik di MA Matholi’ul Huda tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, Faktor pendukung penerapan manajemen ekstrakurikuler training dakwah dalam pengembangan karakter religius peserta didik di MA Matholi’ul Huda tahun pelajaran 2021/2022 adalah media pembelajaran dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah kurangnya minat peserta didik dan keterbatasan waktu. Ketiga, Hasil penerapan manajemen ekstrakurikuler training dakwah di MA Matholi’ul Huda tahun pelajaran 2021/2022 dapat mengembangkan karakter religius peserta didik berupa peserta didik lebih memahami nilai-nilai dan ajaran keagamaan, serta lebih mendapat banyak arahan dan bimbingan dari para pengampu kegiatan ekstrakurikuler training dakwah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Training Dakwah, Karakter Religius, Manajemen Ekstrakurikuler. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:10 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5209 |