Search for collections on Publications

MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLIBUL HUDA MLONGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

M. AFIF, 182610000589 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLIBUL HUDA MLONGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 182610000589 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 182610000589 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 182610000589 BAB I Pendahuluan.pdf] Text
2. 182610000589 BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of 3. 182610000589 BAB II Landasan teori.pdf] Text
3. 182610000589 BAB II Landasan teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[thumbnail of 4. 182610000589 BAB III metode penelitian.pdf] Text
4. 182610000589 BAB III metode penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of 5. 182610000589 BAB IV hasil penelitian dan pembahasan. new.pdf] Text
5. 182610000589 BAB IV hasil penelitian dan pembahasan. new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. 182610000589 BAB V Penutup.pdf] Text
6. 182610000589 BAB V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of 7. 182610000589 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 182610000589 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Ada tiga teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Penulis di sini berperan sebagai pengamat dalam observasi. Analisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, pengkajian data, reduksi data dan verifikasi/ kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen kesiswaan dalam penguatan karakter peserta didik di MTs Mathalibul Huda Mlonggo dilakukan dalam semua kegiatan kesiswaan dari mulai penerimaan peserta didik sampai lulus yang dalam implementasinya dibagi menjadi empat tahap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dan dalam pelaksanaannya meliputi: a) Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS), yang dikelompokkan menjadi program harian, program mingguan/bulanan, dan program tahunan. b) Program Pembinaan Ekstrakurikuler, meliputi: Pramuka, marching band, bola voli, sepak bola, PMR, badminton, karate, sepak takraw, catur, rebana, dan tilawah. c) Program Unggulan Akademik dan Non Akademik, meliputi: bahasa arab (muhadasah), bahasa inggris (speaking aktif), praktek ibadah, tahfidh al Qur’an, dan bimbingan olimpiade matematika. Dari program tersebut diharapkan karakter peserta didik meningkat khususnya karakter relegius, disiplin, jujur dan cinta tanah air, karena terencana, terlaksana dan terpantau dan kemudian dilakukan perbaikan. 2) Tingkat keberhasilan pendidikan karakter peserta didik MTs Mathalibul Huda Mlonggo melalui manajemen kesiswaan mengalami peningkatan, diantaranya adalah akhlak peserta didik lebih baik, tingkat kedisplinan lebih baik, sikap mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi meningkat dan lebih patuh pada tatatertib.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, manajemen kesiswaan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:05
Last Modified: 05 Apr 2023 04:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item
View Item