ABDUL FARIK MUSLIM, 172610000448 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MATA PELAJARAN FIQIH AMALI DAN ILMU ADAB DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA NU HASYIM ‘ASY’ARI 3 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 172610000448_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
2. 172610000448_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
3. 172610000448_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
4. 172610000448_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
5. 172610000448_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (810kB)
6. 172610000448_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
7. 172610000448_Daftar Pustaka.pdf
Download (228kB) | Preview
8. 172610000448_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi penbelajaran muatan lokal mapel fiqih amali dan ilmu adab dalam meningkatkan karakter peserta didik di ma nu hasyim ‘asy’ari 3 jekulo kudus tahun pelajaran 2019/2020. 2. Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan karakter peserta didik di MA NU Hasyim ‘Asy’ari 3 Jekulo Kudus. 2019/2020. 3 Mengetahui sejauh manakah hasil meningkatkan karakter peserta didik melalui menejemen pembelajaran muatan lokal mapel fiqih amali dan ilmu adab di MA NU Hasyim ‘Asy’ari 3 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020.
Hal yang paling mendasar berkaitan dengan Manajemen Pembelajaran Muatan Lokal Mapel Fiqih Amali Dan Ilmu Adab adalah apakah guru mampu merancang, mengaplikasikan dan mengevaluasi kurikulum muatan lokal yang bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi suatu daerah secara baik di masing masing kelompok belajar , hal ini ditandai dengan belum memasyarakatnya kurikulum muatan lokal yang mengembangkan potensi masing-masing daerah terutama yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai agama. Keterbatasan sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerah dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan-kemampuannya yang sesuai dengan lingkungannya menjadi faktor penghambat pengembangan kurikulum mutan lokal, selain itu faktor perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat besar pengaruhnya terhadap kemerosotan moral generasi muda, oleh karenanya adanya usaha untuk menjadikan peserta didik tetap dalam aturan yang telah ditetapkan oleh agama ataupun pemerintah sangat perlu untuk dilaksanakan. Oleh karena itu manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal sangat diperlukan dalam upaya menciptakan kondisi psikologis peserta didik yang seimbang dalam arti mampu hidup diera modern dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur agama.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi. M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Muatan Lokal. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:49 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 03:49 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5197 |