HARISATUL MINNAH, 171330000176 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS I SDIT RIBHUL ULUM KEDUNGMUTIH WEDUNG DEMAK. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000176_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171330000176_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171330000176_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
171330000176_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171330000176_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
171330000176_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (698kB)
171330000176_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
171330000176_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Sumber datanya penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang digunakan ada dibuat oleh guru yaitu RPP, bahan ajar, absensi. Pelaksanaannya guru mengimplementasikannya melalui metode pembelajaran yang dirancang oleh guru sendiri agar lebih menarik dalam proses pengajaran dan lebih mudah dipahami oleh anak didiknya dan dalam berbagai hal kegiatan seperti kegiatan spontan, penananaman kedisiplinan, serta menciptakan suasana yang kondusif. Untuk evaluasi dilakukan dengan melakukan penilaian sikap dan pada siswa. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter disiplin dalam pembelajaranPKn di kelas I SDIT Ribhul Ulum adalah 1) Guru melaksanakan implementasi pendidikan karakter disiplin dalam pembelajaran PKn dengan baik, 2) Siswa selalu patuh dan memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, sehingga nilai karakter dapat mudah diterima oleh siswa. 3) Materi pembelajaran PKn sesuai dengan pembentukan karakter siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu 1) Siswa masih butuh bimbingan dalam pelaksanaan kedisiplinan, 2) Orang tua yang kurang perhatian pada anak, 3) Fasilitas dan sarana prasarana kurang memadai. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara diberi nasehat dengan baik (mau’idhoh) atau ditegur agar siswa mentataati segala peraturan sekolah dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran PKn, Peraturan, Tata tertib. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:44 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 03:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5195 |