M RIFQI FAJRIN, 161310003686 (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIK IMAM ABDUL WAHAB BIN AHMAD ASY-SYA’RONI (telaah kitab minahussaniyah alal wasiatil matbliyah). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003686_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
161310003686_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
161310003686_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
161310003686_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
161310003686_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
161310003686_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (517kB)
161310003686_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
161310003686_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (640kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Abdul Wahab Asy-Sya’roni dalam kitab Minahussaniyah Alal Washiatil Matbuliyah dan untuk mengetahui relevansi antara konsep pendidikan Akhlak perspektif Imam Abdul Wahab Asy-Sya’roni dalam kitab Minahussaniyah Alal Washiatil Matbuliyah sesuai Pendidikan di era 4.0. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan (LibraryResearch). Terdapat dua sumber data dalam penelitin yaitu primer dan skunder sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data dengan empat tahapan meliputi editing, clasifiying, verifiying, analyzing dan conclusion.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Abdul Wahab Bin Ahmad Asy-Sya’roni (Tela’ah Kitab Minahussaniyah Alal Washiatil Matbuliyah) meliputi Akhlak kepada Allah (taubat, sholat berjamaah, sholat malam) Akhlak kepada sesama manusia seperti berbuat baik kepada sesama, menghindari sifat pamer, jujur dalam bekerja dan Akhlak kepada diri sendiri seperti meninggalkan perkara mubah, menjauhi barang haram, memiliki rasa malu, memarangi hawa nafsu, mengasingkan diri dan diam. Sedangkan relefansi mengenai konsep tersebut dalam pendidikan era 4.0, pendidikan akhlak sudah diterapkan mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Disamping itu semakin berkembangnya teknologi pendidikan karakter semakin terkikis atau bisa dikatakan semakin rendah. Terlebih adanya smartphone yang semakin membuat manusia bebas berekspresi dalam artian mereka bebas melakukan apasaja, hal itu yang membuat pendidikan karakter di masyarakat semakin rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H.Amir Ghufron,Drs.,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Perspektif Imam Abdul Wahab Bin Ahmad Asy-Sya’roni, Kitab Minahussaniyah Alal Washiatil Matbuliyah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:40 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 03:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5193 |