FITRIYATUL HADIYANTI, 181330000265 (2022) PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR JAWARA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SARIPAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
181330000265_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000265_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
181330000265_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
181330000265_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
181330000265_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
181330000265_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
|
Text
181330000265_daftar pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000265_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep pada pembelajaran matematika materi pengukuran kelas III SD Negeri saripan Jepara yang masih rendah, dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dan media yang tersedia disekolah masih kurang, masih menggunakan buku cetak untuk penunjang pembelajaran sehingga peserta didik menjadi merasa bosan saat pembelajaran berlangsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media papan pintar jawara terhadap pembelajaran matematika materi pengukuran kelas III SD Negeri Saripan Jepara. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Eksperimen Design dengan jenis one-Group Pretesr-posttest Desain. Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretes yang menunjukan rata-rata sebesar 44 dan pada saat posttest menunjukan rata-rata sebesar 76dengan kenaikan sebesar 32.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test dengansignifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu HO ditolak dan HI diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media papan pintar jawara terhadap pemahaman konsep matematika materi pengukuran kelas III SD Negeri Saripan Jepara. Serta hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 atau 0,000<0,05 dan diperoleh nilai thitung sebesar 2.250 > ttabel 1,860 dan pengaruh dari kedua variabel yaitu x dan y adalah 84,4%. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh media papan pintar jawara terhadap pehaman konsep matematika materi pengukuran pada siswa kelas III SD Negeri Saripan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Papan Pintar, Pengukuran. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:39 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 03:39 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |