FATWATUL UMMAH, 181330000274 (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 2 MANTINGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000274_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000274_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000274_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
181330000274_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000274_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000274_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
181330000274_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000274_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar IPA materi bagian-bagian peserta didik di kelas IV SD Negeri 2 Mantingan yang masih rendah, dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dan media yang tersedia belum banyak, masih menggunakan buku cetak untuk penunjang pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi seberapa besar pengaruh model Project Based Learning berbasis herbarium terhadap hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SD Negeri 2 Mantingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 47,15 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 77, 89 dengan kenaikan sebesar 30, 74.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test adalah signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model project based learning berbasis herbarium terhadap hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Mantingan Tahunan Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Herbarium, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 03:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5186 |