Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 2 MANTINGAN

FATWATUL UMMAH, 181330000274 (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 2 MANTINGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000274_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000274_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000274_BAB I.pdf] Text
181330000274_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000274_BAB II.pdf] Text
181330000274_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 181330000274_BAB III.pdf] Text
181330000274_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000274_BAB IV.pdf] Text
181330000274_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000274_BAB V.pdf] Text
181330000274_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of 181330000274_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000274_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000274_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000274_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar IPA materi bagian-bagian peserta didik di kelas IV SD Negeri 2 Mantingan yang masih rendah, dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dan media yang tersedia belum banyak, masih menggunakan buku cetak untuk penunjang pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi seberapa besar pengaruh model Project Based Learning berbasis herbarium terhadap hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SD Negeri 2 Mantingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 47,15 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 77, 89 dengan kenaikan sebesar 30, 74.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test adalah signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model project based learning berbasis herbarium terhadap hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Mantingan Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Herbarium, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:19
Last Modified: 05 Apr 2023 03:19
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item
View Item