Search for collections on Publications

KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA MTs. AMTSILATI BANGSRI JEPARA DI PONDOK PESANTREN PUTRA “DARUL FALAH AMTSILATI BANGSRI JEPARA” TP. 2021/2022

MUHAMMAD FAKIH, 151310003550 (2022) KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA MTs. AMTSILATI BANGSRI JEPARA DI PONDOK PESANTREN PUTRA “DARUL FALAH AMTSILATI BANGSRI JEPARA” TP. 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 151310003550_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003550_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003550_BAB I.pdf] Text
151310003550_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 151310003550_BAB II.pdf] Text
151310003550_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 151310003550_BAB III.pdf] Text
151310003550_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 151310003550_BAB IV.pdf] Text
151310003550_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 151310003550_BAB V.pdf] Text
151310003550_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[thumbnail of 151310003550_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003550_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of 151310003550_LAMPIRAN.pdf] Text
151310003550_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter Keteladanan seseorang terbentuk karena kebiasaan yang dilakukan, sikap yang diambil dalam menanggapi keadaan, dan kata-kata yang diucapkan kepada orang lain. Kebiasaan seseorang terbentuk dari tindakan yang dilakukan berulang-berulang setiap hari. Tindakan tersebut pada awalnya disadari atau disengaja, tetapi karena begitu seringnya tindakan yang sama dilakukan pada akhirnya sering kebiasaan tersebut menjadi reflek yang tidak disadari oleh orang yang bersangkutan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah bersifat kualitatif deskriptif, sumber dan jenis data penelitian ini adalah manusia, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode Analisa data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan Langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Data yang diperlukan seperti sejarah MTs Amtsilati, Struktur Organisasi MTs Amtsilati, Data Guru, Data Siswa dan lain lain.
Hasil dari penelitian ini meliputi peran ketundukan siswa terhadap guru terlihat saat siswa membedakan guru asli MTs Amtsilati dengan guru diluar MTs Amtsilati sebab terkadang guru diluar Amtsilati kurang memahami kondisi siswa imbas dari aktivitas yang padat dilingkungan pondok dan sekolah, selain itu keilmuan guru juga Berbeda maka siswa bisa tunduk juga dilihat dari hal tersebut. Peran keteladanan guru terhadap siswa dalam membentuk akhlak terlihat saat siswa sudah memperoleh contoh sikap, perilaku serta adab yang dicontohkan guru kepada siswa, maka secara otomatis siswa akan meniru tindakan yang bisa mencerminkan akhlak yang baik. Peran pandangan siswa terhadap guru dalam membentuk akhlak terlihat saat siswa sudah melakukan analisis kepada guru dan membedakan karakter guru satu dengan yang lain, dari hal itu siswa akan memilih guru yang mereka senangi dan yakini guna untuk membentuk akhlak yang baik guna bisa diterapkan disekolah maupuan diluar sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Akhlak, MTs Amtsilati
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:13
Last Modified: 05 Apr 2023 03:13
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item
View Item