ERIKA NUR AZIZAH, 171330000120 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 01 SROBYONG. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
171330000120_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000120_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
171330000120_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
![]() |
Text
171330000120_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
171330000120_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
|
![]() |
Text
171330000120_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
|
Text
171330000120_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
171330000120_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Srobyong. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Srobyong, bagaimana peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Srobyong, apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Srobyong. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif, informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimulan atau verifikasi
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik peneliti terfokus pada tujuh keaktifan siswa pada pembelajaran tematik yaitu bertanya kepada guru jika ada yang belum jelas, menjawab pertanyaan yang diajukan guru, mengemukakan pendapat dalam diskusi, mendengarkan pendapat orang lain, bekerja sama dengan anggota kelompok dalam mengerjakan lembar kerja siswa, mempersentasikan hasil diskusi kelompok dan mencatat materi pelajaran
Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik sudah berjalan dan sudah terbentuk dengan baik sesuai dengan peran masing-masing. Penelitian ini menghasilkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik yaitu peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pembimgbing, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai penasehat, guru sebagai innovator, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator
Dalam melaksanakan perannya dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik terdapat faktor penghambat dan pendukung guru. Faktor Pendukung guru yaitu kemampuan para guru, gedung sekolah atau ruang kelas dan alat-alat belajar atau sumber belajar. Sementara untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu pada saat jam pembelajaran, kurangnya motivasi dari orang tua dan fokus siswa terganggu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 07:05 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 07:05 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |