DWI SEPTYANINGTIYAS, 171330000154 (2022) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIMBOL DAN MAKNA LAMBANG PANCASILA SISWA KELAS III SDN 01 SEKURO MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 171330000154_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 171330000154_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
3. 171330000154_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (641kB)
4. 171330000154_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (390kB)
5. 171330000154_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (667kB)
6. 171330000154_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
7. 171330000154_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (542kB) | Preview
8. 171330000154_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn yang smasih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu > 70. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Alokasi waktu yang kurang sehingga guru kesulitan mentransfer pengetahuan kepada peserta didik dan peserta didik masih kesulitan untuk memahami materi yang di ajarnya. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan bantuan media pembelajaran pop up book Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar materi simbol dan makna lambang pancasila pada peserta didik kelas III SDN 1 Sekuro Mlonggo Jepara tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe Pre-experimental design. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 1 Sekuro Mlonggo Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel independennya adalah media pop up book. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar peserta didik pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 56,74 sedangkan, saat posttest (menggunakan media pop up book) hasil nilai rerata yang diperoleh peserta didik sebesar 77,79. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 21,05. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (20-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengguanan media pop up book terdapat hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas III SDN 1 Sekuro Mlonggo Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media pop up book, PPKn, hasil belajar peserta didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 07:02 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 07:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5178 |