YUSROH URWATUN WUTSQO, 151310003439 (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DAN PERUBAHAN PERILAKU DENGAN METODE KSC (Kartu Soal Cerdas) PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI HIDAYATUT THOLIBIN MULYOHARJO JEPARA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 151310003439_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 151310003439_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 151310003439_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
![[thumbnail of 3. 151310003439_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 151310003439_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (535kB)
![[thumbnail of 4. 151310003439_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 151310003439_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
![[thumbnail of 5. 151310003439_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 151310003439_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 6. 151310003439_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 151310003439_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
7. 151310003439_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 151310003439_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 151310003439_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendiskripsikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan KSC (Kartu Soal Cerdas) yang diterapkan di kelas III MI Hidayatut Tholibin Mulyoharjo Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mendapatkan metode KSC (Kartu Soal Cerdas) di kelas III MI Hidayatut Tholibin Mulyoharjo Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui adakah perubahan perilaku peserta didik setelah diterapkannya metode KSC (Kartu Soal Cerdas) di kelas III MI Hidayatut Tholibin Mulyoharjo Jepara Tahun Ajaran 2021/2022.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu variabel bebas: Penggunaan metode pembelajaran Kartu Soal Cerdas (variabel X), Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (variabel Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Untuk mengumpulkan data tentang tingkat pemahamanan Al-Qur’an Hadits digunakan metode tes tertulis, dan untuk mengumpulkan data tentang perubahan perilaku peserta didik digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis campuran deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa : Ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode KSC (Kartu Soal Cerdas) dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode KSC (Kartu Soal Cerdas). Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan terdapat perubahan perilaku dengan presentase peningkatan dari rata-rata skor pra siklus (68.42), siklus I (70.89) , siklus II (83.6), dan setelah penelitian adanya peningkatan hasil belajar yang dikatakan berhasil. Artinya, metode KSC (Kartu Soal Cerdas) efektif digunakan dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan perubahan perilaku peserta didik kelas III MI Hidayatut Tholibin Mulyoharjo Jepara Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran KSC (Kartu Soal Cerdas), Hasil Belajar, Perubahan Perilaku. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 06:26 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 06:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5172 |