MAULANA SYAIFUL MAARIF, 151310003535 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM BUKU FALSAFAH HIDUP KARYA PROF. HAMKA DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 151310003535_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 151310003535_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
3. 151310003535_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
4. 151310003535_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
5. 151310003535_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
6. 151310003535_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (301kB)
7. 151310003535_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (300kB) | Preview
Abstract
Moral adalah segala tingkah laku manusia yang mencakup sifat baik dan buruk dari tingkah laku itu. Yang menjadi ukurannya adalah tradisi yang berlaku di suatu masyarakat. Dekadensi moral merupakan salah satu problem yang dirasakan oleh masyarakat akhir-akhir ini. Dekadansi moral merupakan suatu keadaan dimana telah terjadi kemerosotan moral yang bermakna bahwa individu maupun kelompok tidak menaati aturan serta tatacara yang berlaku di masyarakat. Penanggulanagn dekadensi moral dapat dilakukan melalui pendidikan, sehingga penulis meneliti nilai-nilai moral dalam buku Falsafah Hidup Karya Prof. Hamka dan relevansinya dalam pendidikan agama islam.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan moral dalam buku Falsafah Hidup karya Prof. Hamka, serta (2) untuk mengetahui nilai Pendidikan moral dan relevansinya dengan Pendidikan agama islam. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis diskriptif. Langkah yang digunakan untuk menganalis data setelah dikumpulkan dari buku dan dokumen mengenai nilai-nilai moral kemudian di kelompokkan, di kategorisasi, dianalisis sedemikian rupa, sehingga data tersebut mempunyai makna, sehingga dapat dirumuskan hasilnya.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis diantaranya terdapat empat hal yang menjadi sumber moral, sehingga moral seseorang dapat terbentuk dengan baik. Sumber moral yang dijelaskan Prof. Hamka diantaranya yaitu akal, ilmu, iman dan adab kesopanan. Sumber moral ini memiliki nilai masing-masing baik berupa nilai rohani maupun nilai hidup. Penjelasan mengenai akal, ilmu dan adab kesopanan, baik yang berhubungan dengan Allah maupun ciptaannya mengajarkan bagaimana cara seseorang untuk berhubungan, bergaul, bersikap dan berbuat sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam agama islam, serta selaras dengan moral yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat.
Nilai pendidikan moral dalam buku Falsafah Hidup relevan dengan pendidikan agama Islam saat ini. Kesesuaian dapat dilihat dari tujuan pendidikan islam menurut Prof. Hamka yaitu mewujudkan nilai-nilai Islami dalam setiap pribadi peserta didik pada akhir setiap proses pendidikan. Selain itu, metode yang digunakan untuk mengajar juga sesuai, diantaranya adalah Hikmah, Mauidoh hasanah dan Mujaadalah billati hiya ahsan. Materi yang disajikan juga sesuai dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu berkaitan dengan aqidah atau keimanan, syariah atau keislaman, dan akhlak atau ikhsan, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan rujukan pembelajaran dalam mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral. Pengajaral moral ini secara umum bertujuan untuk membentuk kepribadian peserta didik agar memiliki kekutaan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, dan berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing :Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan moral, pemikiran Prof. Hamka, PAI. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 06:21 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 06:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5168 |