LUTFIYANTI AXMI REZA, 171310003772 (2022) AKTUALISASI KONSEP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF UMAR BIN ABDUL AZIZ DALAM KELUARGA PEKERJA GARMEN (Studi Kasus Di Desa Sowan Lor Kedung Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003772_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171310003772_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
171310003772_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
171310003772_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
171310003772_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171310003772_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (729kB)
171310003772_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
171310003772_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui aktualisasi konsep pendidikan anak perspektif Umar bin Abdul Aziz dalam keluarga pekerja garmen di Desa Sowan Lor Kedung Jepara. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat aktualisasi konsep pendidikan anak perspektif Umar bin Abdul Aziz dalam keluarga pekerja garmen di desa Sowan Lor Kedung Jepara. Penelitian dilakukan di Desa Sowan Lor dengan objek penelitian adalah keluarga pekerja garmen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan data yang dihasilkan adalah data deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap keluarga pekerja garmen di Desa Sowan Lor. Data primer kemudian didukung dengan data sekunder berupa data kajian pustaka mengenai konsep pendidikan dari Umar bin Abdul Aziz. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 (enam) keluarga pekerja garmen di Desa Sowan Lor, dengan menggunakan dua sampel yang terdiri dari orang tua (Ibu) dan anak berusia 6-12 tahun. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik non statistik dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Umar bin Abdul Aziz yang meliputi ajaran-ajaran agama Islam berlandaskan al-Qur’an dan Hadist tereaktuallisasi dengan baik. Melalui konsep pendidik, kurikulum dan materi pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, dan lingkungan pendidikan. Kemudian Faktor pendukung dan penghambat yang muncul meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung internal meliputi dari individu (anak) dan keluarga, sedangkan faktor pendukung eksternal adalah lingkungan sekolah dan masyarakat. Faktor penghambat internal adalah dari individu (anak) dan keluarga, sedangkan faktor penghambat eksternal adalah pemanfaatan tekonolgi yang kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak, Umar bin Abdul Aziz, Pekerja Garmen. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:13 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 04:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5165 |