LUTFIATIN NIKMAH, 181310003932 (2022) KONSEP ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AL-MAWARDI DI DALAM KITAB “ADAB AD-DUNYA WA AD-DIN”. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
181310003932_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181310003932_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
181310003932_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
181310003932_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
181310003932_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
![]() |
Text
181310003932_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
|
|
Text
181310003932_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181310003932_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui bagaimana konsep etika pendidik dan peserta didik menurut Imam Al-Mawardi didalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-din. 2. Untuk memaparkan Relevansi pemikiran Imam Al-Mawardi Di Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din Tentang Etika Pendidik dan Peserta Didik di Lingkungan Sekolah. Peneitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dilihat dari cara dan taraf pembahasannya penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan mencari infomasi dari buku maupun jurnal-jurnal terkait dengan konsep etika pendidik dan peserta didik. kemudian data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan content analysis atau disini dinamakan kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai konsep etika pendidik dan peserta didik menurut Imam Al-Mawardi di dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din yaitu, tawadlu’ (rendah hati), mengamalkan ilmunya, dermawan atas ilmunya, membimbing peserta didiknya, membersihkan diri dari pekerjaan yang syubhat, bertujuan mengharap ridlo Allah, memberi nasihat dan lemah lembut terhadap peserta didiknya, dan menghargai peserta didiknya. Dan diantara etika peserta didik yaitu,tamalluq kepada pendidiknya, tadzallul kepada pendidiknya, mengetahui keutamaan ilmunya pendidik, mengagungkan pendidik,bersyukur (berterima kasih) kepada pendidiknya, meneladani akhlak pendidik, selalu merasa butuh terhadap pendidik, jika ilmu bisa didapatkan dari tempat yang dekat maka janganlah mencarinya di tempat yang jauh, dan pandai memilih. Relevansi pemikiran Imam Al-Mawardi di dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din tentang etika pendidik dan peserta didik di lingkungan sekolah diantaranya yaitu, pendidik memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta didiknya, peserta didik memiliki sikap menghormati kepada pendidiknya, pendidik memiliki sikap lemah lembut terhadap peserta didiknya, Pendidik maupun peserta didik memiliki sikap saling menghargai, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ana Rahmawati, Lc., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Konsep etika pendidik dan peserta didik, Imam Al-Mawardi, Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:10 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 04:10 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |