Search for collections on Publications

MODEL PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI PESANTREN SALAF (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara)

LUTFI NOR ARDHIANSYAH, 151310003448 (2022) MODEL PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI PESANTREN SALAF (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003448_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003448_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003448_BAB I.pdf] Text
151310003448_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 151310003448_BAB II.pdf] Text
151310003448_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 151310003448_BAB III.pdf] Text
151310003448_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 151310003448_BAB IV.pdf] Text
151310003448_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 151310003448_BAB V.pdf] Text
151310003448_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of 151310003448_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003448_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of 151310003448_LAMPIRAN.pdf] Text
151310003448_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pendidikan Islam inklusif di pesantren salaf API Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara dan apa peluang serta tantangan yang diperoleh dalam pendidikan Islam inklusif di pesantren salaf API Matholiu’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena bermaksud menggambarkan, mengungkap dan menjelaskan model pendidikan Islam inklusif di pondok pesantren salaf. Demikian pula dinamakan penelitian deskriptif, karena bertujuan membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian. Dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan, maka teknik yang penyusun gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks model pendidikan Islam inklusif di pondok pesantren, pendidikan berwawasan toleransi sesungguhnya telah menjadi pendidikan dasar yang telah diajarkan dalam pondok pesantren salaf API Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara. Pendidikan Islam inklusif diwujudkan dalam bentuk pengajaran materi kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Nor Lailla, S. Th. I., M. S. I.
Uncontrolled Keywords: Model, Pendidikan Islam Inklusif, Pesantren Salaf.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:09
Last Modified: 04 Apr 2023 04:09
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item
View Item