Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA

DIANA MUSTAFIDAH, 171330000032 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000032_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000032_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000032_BAB I.pdf] Text
171330000032_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000032_BAB II.pdf] Text
171330000032_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 171330000032_BAB III.pdf] Text
171330000032_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000032_BAB IV.pdf] Text
171330000032_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000032_BAB V.pdf] Text
171330000032_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[thumbnail of 171330000032_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000032_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000032_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih jauh di bawah KKM, yang ditelah ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 70. Hal tersebut dikarenakan guru yang maish menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti halnya ceramah dan Tanya jawab saja, sehingga mengakibatkan siswa jenuh pada proses pembelajaran dan tidak terdapat timbal balik antara guru dan siswa. Siswa sulit memahami penjelasan guru mengenai unsure-unsur sudut dan bangun datar. Fokus penelitian ini pada hasil belejar kognitif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Tedunan Kedung Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 1 Tedunan Kedung Jepara dnegan subjek/populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar, sedangkan variabel independennya adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data mengunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 57,59 sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 11,58, kenaikan hasil belajar siswa sebesar 46,01. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Misbahul Munir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Numbered head together, matematika, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:49
Last Modified: 04 Apr 2023 03:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item
View Item