VINA ASHLIN NURANIAH, 181330000240 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 3 SD NEGERI 1 BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000240_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000240_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000240_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
181330000240_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000240_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000240_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (608kB)
181330000240_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000240_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Keterampilan menulis peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Bulungan masih rendah khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikkan bahwa hanya 56% peserta didik yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu 70. Sementara itu, 44% peserta didik mencapai nilai di bawah standar ketuntasan minimal (KKM). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 3 SD Negri 1 Bulungan sesuai metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan bantuan media gambar. Jenis penelitian ini berbentuk eksperimen kuantitatif dan subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Bulungan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan rubrik penulisan karangan singkat. Data kemampuan menulis peserta didik dikumpulkan dalam bentuk 25 pernyataan pertanyaan dengan menggunakan alat tes. Data keterampilan menulis dianalisis dengan r product moment menggunakan uji-t independen.
Dari hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis, dan rumusan masalah yang diperoleh, keterampilan menulis peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Bulungan yang menggunakan metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) meningkat. Dalam tes ini, kita tahu bahwa rata-rata posttest adalah 77,89, lebih tinggi dari rata-rata pretest 86,00. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,853) > ttabel (1.688). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis media visual CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Bulungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran CIRC, Keterampilan Menulis, Media Gambar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:48 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5160 |