Search for collections on Publications

PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN SELF CONTROL SISWA BROKEN HOME DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA

LAILI MUSANNADHATUZ SHOLIKHAH, 181310003996 (2022) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN SELF CONTROL SISWA BROKEN HOME DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181310003996_COVER.pdf]
Preview
Text
181310003996_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181310003996_BAB I.pdf] Text
181310003996_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181310003996_BAB II.pdf] Text
181310003996_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181310003996_BAB III.pdf] Text
181310003996_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 181310003996_BAB IV.pdf] Text
181310003996_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181310003996_BAB V.pdf] Text
181310003996_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181310003996_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181310003996_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181310003996_LAMPIRAN.pdf] Text
181310003996_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana self control siswa broken home di MA Matholi’ul Huda Bugel. (2) Untuk mendeskripsikan bagaiamana peran guru Aqidah Akhlak dalam pembinaan self control siswa broken home di MA Matholi’ul Huda Bugel. (3) Untuk mengetahui apa saja kendala guru Aqidah Akhlak dalam pembinaan self control siswa broken home di MA Matholi’ul Huda Bugel
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang kenyataan dengan proses berfikir induktif. Sementara metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penilaian menunjukkan bahwa : (1) Pola interaksi siswa yang dibentuk dalam menyesuaikan diri dalam self control ada tiga, yakni: a) perilaku penyesuaian siswa broken home di lingkungan MA Matholi’ul Huda Bugel, hal ini perlu diperhatikan melihat sekolah mempunyai banyak peraturan yang dipatuhi oleh siswa, b) hubungan siswa broken home dengan siswa sangat penting diperhatikan karena berkaitan interaksi dengan teman sebaya, dan 3) hubungan siswa broken home dengan guru menentukan siswa patuh terhadap guru. Dari ketiga pola interaksi yang telah disebutkan bahwasanya perilaku siswa broken home di MA Matholiul Huda Bugel ada yang belum bisa mengontrol dirinya yang mana pada usia-usia remaja rentan untuk berbuat diluar kontrol diri. 2) Peran guru Aqidah Akhlak dalam membina siswa broken home sudah menunjukkan peningkatan yang baik, dikarenakan ada beberapa pelayanan pembinaan seperti memberi pelayanan konsultasi secara pribadi maupun bersama-sama. Itu semua dilakukan untuk mengontrol diri siswa supaya tidak mudah terjerumus kedalam lubang yang salah. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru sendiri terkait dengan SDM siswanya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Aqidah Akhlak, Pembinaan,Self Control.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:42
Last Modified: 04 Apr 2023 03:42
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item
View Item