ACHMAD RAFIUL UMAM, 161230000156 (2021) ANALISIS KEPADATAN KENDARAAN DENGAN METODE GREENSHIELDS (STUDI KASUS : JALAN PECANGAAN - KEDUNG KAB. JEPARA). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161230000156_COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
161230000156_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
161230000156_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
161230000156_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
161230000156_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
161230000156_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
161230000156_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
161230000156_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fungsi utamanya dari sebuah jalan adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya, khususnya untuk transportasi darat dalam berpergian ke suatu tempat
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis hubungan antara volume kecepatan dan kepadatan dengan metode greenshields, Menganalisa kualitas pelayanan jalan Pecangaan Kedung Jepara, Menganalisis hambatan dan permasalahan yang terjadi di jalan Pecangaan Kedung Jepara. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam tugas skripsi ini adalah menggunakan metode survei dan analisis di jalan. Dari penelitian ini hasil yang akan diperoleh adalah survei volume kepadatan lalu lintas, kecepatan kendaraan dan kualitas pelayanan jalan.
Dalam penulisan skripsi ini memiliki dua variabel yaitu Variabel terikatnya adalah “Efektifitas Penggunaan Metode Greenshieds untuk menganalisis kepadatan volume lalu lintas” dan Variabel bebasnya adalah “Kualitas Pelayanan Jalan di Pecangaan Kedung Jepara”. Dari perhitungan kepadatan kendaraan dengan menggunakan Metode Greenshields menunjukkan bahwa setelah menganalisis hasil survei pada titik I-V, titik terpadat terdapat pada titik V yaitu pada ruas jalan pertigaan lampu merah Walisongo Pecangaan Jepara terjadi pada waktu jam puncak sore hari pukul 16.00 – 17.00 WIB , Dengan nilai V_M = 321 Kend/jam, (D_M) = 17 Kend/jam, (V-S) = 153,68, (V-D) = 99,38, (S-D) = 11,05. Dan total kendaraan sebanyak 3353, Kecepatan arus bebas = 39,21 Km/jam, Kapasitas ruas jalan = 4743,24 smp/jam, Nilai derajad kejenuhan = 0,31 smp/jam, Kecepatan rata-rata kendaraan = 41,5 Km/jam, Kepadatan kendaraan = 36,31 smp/jam dan tingkat pelayanan jalan (B) dengan nilai analisa LOS 0,31 termasuk kategori baik. Dari analisis yang saya lakukan bahwa ada faktor lain penyebab hambatan pada ruas jalan Pecangaan Kedung Jepara yaitu adanya parkir sepeda motor dan angkot yang semrawut tidak tertata dengan rapi pada ruas bahu jalan di Sepanjang pasar Bugel dan Puskesmas Kedung yang kadang mempersempit badan jalan dan banyaknya angkutan kota yang berhenti pada badan jalan untuk menurunkan atau menunggu penumpang sampai angkutannya penuh di area Pasar Bugel. Dari hasil perhitungan analisis titik Survei pada Pertigaan Bugel Kedung Jepara, nilai derajad kejenuhannya untuk lengan Arah Jepara sebesar 0,15, lengan arah Pecangaan sebesar 0,16, lengan arah Kedung sebesar 0,15 dengan tundaan masing-masing lengan selama 2 detik, hasil tersebut menunjukkan bahwa berdasarkan standar dari (MKJI, 1997) pada ketiga lengah Pertigaan Bugel Kedung Jepara Kualitas pelayanan jalannya termasuk tingkat A.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Decky Rochmanto, S.T., M.T Pembimbing II : H. Ariyanto, S.T., M.T |
Uncontrolled Keywords: | Metode Greenshields, Derajad Kejenuhan, Persimpangan. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 624 Teknik Sipil > 625.7 Teknik Jalan Raya |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Sipil |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 04:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 02:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/515 |